MASAKINI.CO
No Result
View All Result
Kamis, Juni 11, 2026
  • Beranda
  • News
  • Daerah
  • Nasional
  • Internasional
  • Olahraga
  • Cerita
  • Foto
  • Video
No Result
View All Result
  • Beranda
  • News
  • Daerah
  • Nasional
  • Internasional
  • Olahraga
  • Cerita
  • Foto
  • Video
No Result
View All Result
MASAKINI.CO
Home News

Kematian Dini Akibat Makanan Olahan Terus Meningkat, Waspadalah

Ahmad Mufti by Ahmad Mufti
1 Juni 2025
in News
0

Ilustrasi seseorang sedang konsumsi makanan olahan. I foto: metaai

Share on FacebookShare on Twitter

MASAKINI.CO – Makanan ultra-olahan (ultra-processed food/UPF) telah menjadi perhatian global karena dampaknya yang mematikan bagi kesehatan.

Sebuah studi global baru-baru ini menunjukkan bahwa UPF menyumbang lebih dari setengah konsumsi energi makanan masyarakat di beberapa negara.

RelatedPosts

Satpol PP-WH Banda Aceh Apresiasi Gym yang Mulai Pisahkan Fasilitas Pria dan Wanita

Pemko Banda Aceh Tambah CCTV Tahun Ini di Kawasan Rawan

Gedung BAA Disiapkan Jadi Pusat Inovasi Digital Banda Aceh

Selain itu, kematian dini yang disebabkan oleh UPF meningkat secara signifikan berdasarkan porsinya dalam makanan seseorang.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine melihat data dari delapan negara, termasuk Australia, Brasil, Kanada, Chili, Kolombia, Meksiko, Inggris, dan AS.

Hasilnya menunjukkan bahwa UPF mencapai 55 persen dari asupan energi masyarakat di AS dan 53 persen di Inggris, dibandingkan dengan 15 persen di Kolombia dan 17,4 persen di Brasil.

Kematian dini yang disebabkan oleh UPF berkisar antara 4 persen di wilayah dengan konsumsi rendah, seperti Kolombia, hingga 14 persen dari seluruh kematian dini di Inggris dan AS.

UPF meliputi es krim, daging olahan, keripik, roti produksi masal, beberapa sereal sarapan, biskuit, dan minuman bersoda.

Makanan ini sering kali mengandung lemak jenuh, garam, gula, dan zat aditif tingkat tinggi, yang menurut para ahli menyisakan lebih sedikit ruang dalam pola makan masyarakat untuk makanan yang lebih bergizi.

Para peneliti menyerukan tindakan global untuk mengurangi konsumsi UPF, yang melibatkan pemerintah dengan memberlakukan kebijakan yang lebih ketat untuk menciptakan pola makan yang lebih sehat.

Dr Eduardo Nilson, peneliti utama studi ini, mengatakan bahwa, “setiap peningkatan 10 persen dalam partisipasi UPF dalam makanan akan meningkatkan risiko kematian akibat semua penyebab sebesar 3 persen.”

Tags: dampak buruk makanan olahanmakanan olahanMakanan ultra-olahanultra-processed foodUPF
Previous Post

Pungli di Merduati Terungkap, Otak Pelaku Ternyata Napi di LP Meulaboh

Next Post

Pesantren Darul Amilin di Aceh Selatan Terbakar Kerugian Capai Rp70 Juta

Related Posts

Ultra Processed Food, Kenikmatan yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

Ultra Processed Food, Kenikmatan yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

by Ulfah
27 April 2026
0

MASAKINI.CO - Terlihat menggugah selera, mudah didapat, dan nikmat disantap itulah kesan yang sering melekat pada aneka jajanan yang sedang...

Next Post

Pesantren Darul Amilin di Aceh Selatan Terbakar Kerugian Capai Rp70 Juta

Dua WNA Dideportasi dari Sabang karena Langgar Izin Tinggal

Discussion about this post

CERITA

Dari Lahan Penggembalaan ke Destinasi Favorit, Savana Indrapuri Sedot Ribuan Pengunjung

24 Mei 2026

Dari Dapur Rumahan ke Tanah Suci, Keumamah Aceh Diburu Jemaah Haji

19 Mei 2026

Menabung dari Lumpur Sawah, Halimah Berangkat Haji di Usia 85 Tahun

12 Mei 2026

Ranup yang Perlahan Asing di Tanahnya Sendiri

7 Mei 2026

TERPOPULER

Plugin Install : Popular Post Widget need JNews - View Counter to be installed
  • Tentang Kami
  • Redaksi
  • Kode Etik
  • Pedoman Media Siber
  • Disclaimer
  • Privacy

Copyright © 2025 - masakini.co

No Result
View All Result
  • Daerah
  • News
  • Nasional
  • Internasional
  • Olahraga
  • Cerita
  • Foto
  • Video

Copyright © 2025 - masakini.co